Rem Cakram dan Rem Tromol pada Sepeda Motor
Rem
adalah suatu peranti untuk memperlambat atau menghentikan gerakan roda, secara
otomatis gerak kendaraan menjadi pelan. Energi kinetik yang hilang dari benda
yang bergerak ini biasanya diubah menjadi panas karena gesekan.
Pada dasarnya ada 2
jenis rem yang umumnya digunakan pada motor yaitu :
Rem
Cakram (Disk Brake)
Rem
Cakram adalah rem yang bekerja atas dasar menjepit cakram (disk) yang
dipasangkan pada roda kendaraan, pengereman untuk menjepit cakram digunakan
caliper yang digerakkan oleh piston untuk mendorong sepatu rem (brake pads) ke
cakram.
Kelebihan
|
Kekurangan
|
Tidak
perlu menginjak rem terlalu keras karena dibantu oleh fluida (hidrolis) untuk
menggerakkan piston yang mendorong kampas rem
|
Konstruksinya
dan sistem pengeremannya terbuka (kaliper berpotensi ditumpuki kotoran yang
mengeras dan dapat merusak cakram)
|
Kampas
tidak cepat panas (memiliki pelepasan panas yang lebih baik)
|
Daya
pengereman lebih bergantung kepada lebar cakram dan kekuatan piston
|
Hasil
pengereman dapat mencapai 100% (karena menggunakan prinsip “menjepit”)
|
|
Durabilitas
lebih baik (pada jalan menurun)
|
Kelebihan
|
Kekurangan
|
Permukaan
gesek yang lebih lebar dengan kinerja pengereman yang lebih lembut
|
Lebih
berat karena murni tenaga manual untuk menginjak rem.
|
Konstruksi
tertutup (kampas tidak gampang rusak terkena kotoran dari luar)
|
Lebih
cepat panas (minim pembuangan panas)
|
Daya
pengereman maksimal hanya sekitar 70% (karena kampas rem tidak seluruhnya
menempel pada tromol roda)
|
|
Rem
tidak pakem saat banjir (karena perangkat rem dipenuhi air)
|
Kesimpulan
Dari perbandingan diatas
kita dapat melihat bahwa rem cakram lebih baik dibandingkan dengan rem tromol.
Dengan kelebihan tersebut tentu kita bisa maklum bahwa motor dengan rem cakram
akan dibandrol dengan harga sedikit lebih mahal.
Sumber:
http://www.hondacengkareng.com/membahas-kelebihan-rem-cakram-dibandingkan-rem-tromol/
http://www.laskar-suzuki.com/2012/01/kelebihan-dan-kekurangan-dari-rem.html
http://farof.blogspot.co.id/2015/05/perbedaan-rem-cakram-dan-rem-tromol.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar