Minggu, 08 November 2015

Rem Cakram dan Rem Tromol pada Sepeda Motor

Rem Cakram dan Rem Tromol pada Sepeda Motor


Rem adalah suatu peranti untuk memperlambat atau menghentikan gerakan roda, secara otomatis gerak kendaraan menjadi pelan. Energi kinetik yang hilang dari benda yang bergerak ini biasanya diubah menjadi panas karena gesekan.
Pada dasarnya ada 2 jenis rem yang umumnya digunakan pada motor yaitu :
rem-cakram.jpg
Rem Cakram (Disk Brake)
            Rem Cakram adalah rem yang bekerja atas dasar menjepit cakram (disk) yang dipasangkan pada roda kendaraan, pengereman untuk menjepit cakram digunakan caliper yang digerakkan oleh piston untuk mendorong sepatu rem (brake pads) ke cakram.



Kelebihan
Kekurangan
Tidak perlu menginjak rem terlalu keras karena dibantu oleh fluida (hidrolis) untuk menggerakkan piston yang mendorong kampas rem
Konstruksinya dan sistem pengeremannya terbuka (kaliper berpotensi ditumpuki kotoran yang mengeras dan dapat merusak cakram)
Kampas tidak cepat panas (memiliki pelepasan panas yang lebih baik)
Daya pengereman lebih bergantung kepada lebar cakram dan kekuatan piston


Hasil pengereman dapat mencapai 100% (karena menggunakan prinsip “menjepit”)

Durabilitas lebih baik (pada jalan menurun)


rem-tromol.jpg
Rem Tromol (Drum Brake)
            Rem tromol adalah rem yang bekerja atas dasar gesekan antara kampas rem dengan tromol (drum) yang ikut berputar dengan putaran roda kendaraan, sehingga diharapkan dapat mengurangi laju motor secara perlahan.



Kelebihan
Kekurangan
Permukaan gesek yang lebih lebar dengan kinerja pengereman yang lebih lembut
Lebih berat karena murni tenaga manual untuk menginjak rem.
Konstruksi tertutup (kampas tidak gampang rusak terkena kotoran dari luar)
Lebih cepat panas (minim pembuangan panas)

Daya pengereman maksimal hanya sekitar 70% (karena kampas rem tidak seluruhnya menempel pada tromol roda)

Rem tidak pakem saat banjir (karena perangkat rem dipenuhi air)

Kesimpulan
Dari perbandingan diatas kita dapat melihat bahwa rem cakram lebih baik dibandingkan dengan rem tromol. Dengan kelebihan tersebut tentu kita bisa maklum bahwa motor dengan rem cakram akan dibandrol dengan harga sedikit lebih mahal. 
Sumber:
http://www.hondacengkareng.com/membahas-kelebihan-rem-cakram-dibandingkan-rem-tromol/
http://www.laskar-suzuki.com/2012/01/kelebihan-dan-kekurangan-dari-rem.html
http://farof.blogspot.co.id/2015/05/perbedaan-rem-cakram-dan-rem-tromol.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar